Pengertian Suhu Dan Kalor

blogger templates
Pengertian Suhu Dan Kalor

 

Nah gasy mungkin anda semua masi banyak bertanya-tanya pada orang maupun guru-gurumu disekolah apa sih itu dari Pengertian Suhu Dan Kalor. hari ini saya akan memberi tau anda sedikit tentang  Pengertian Suhu Dan Kalor dalam ilmu ilmu Fisika yang sudah saya mempelajari selama ini. demikian di bawah ini Pengertian Suhu dalam ilmu fisika:





1. Pengertian Suhu
    Apa anda Masih ingatkah dengan besaran-besaran pokok yang sudah anda pelajari selama ini. suhu merupakan salah satu  besaran-besaran pokok. Dalam fisika suhu atau temperatur di definisikan ssebagai ukuran atau derajat panasdinginnya suatu benda atau sistem. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah. Padahakikatnya, suhu adalah ukuran energi kinetik rata-rata yang dimiliki oleh molekul-molekul sebuah benda. Suhu dapat diukur dengan menggunakan termometer. Satuan suhu bermacam-macam ada celsius, kelvin, reamur, fahrenheit.satuan suhu dalam sistem sistem internasional adalah kelvin. 

Alat mengukur suhu
    Seperti yang sudah disebutkan di atas suhu dapat diukur menggunakan termometer. Termometer pertama kali dibuat oleh seorang ilmuwan dari Italia yang bernama Galileo Galilei. Pembuatan termometer menggunakan prinsip perubahan volume. Termometer menggunakan air raksa, alkohol, karena warnanya bening sehingga mudah dibaca dan tidak membasahi dinding termometer. demikian di bawah ini

2. Pengertian Kalor
     Kalor  Di dalam fisika, kalor di defnisikan sebagai suatu bentuk energi yang dapat berpindah atau mengalir dari benda yang memiliki kelebihan kalor menuju benda yang kekurangan kalor. Kalor biasanya dinyatakan dalam suhu. Satuan kalor di dalam satuan Internasional yaitu Joule, satuan kalor lainnya ialah kalori. 1 kalori di definisikan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan sebanyak 1 kg air sebesar 1⁰C.
1 kalori = 4.2 Joule dan 1 joule = 0.24 kalori

Pengertian kalor jenis

Ketika mempelajari kalor, kita juga dikenalkan dengan istilah kalor jenis. Apa itu kalor jenis ? kalor jenis ialah banyaknya kalor yang diserap atau diperlukan oleh 1 gram zat untuk menaikkan suhu sebesar 1⁰C. Kalor jenis juga diartikan sebagai kemampuan suatu benda untuk melepas atau menerima kalor. Masing-masing benda mempunyai kalor jenis yang berbeda-beda. Satuan kalor jenis J/Kg⁰C.


demikian Pengertian Suhu Dan Kalor yang dapat saya buat artikel-artikel di atas ini. semoga anda yang sudah membacanya dapat mudah mengerti ya. Salam dari kami Ilmu pelajaran kita. jaka anda senang beritau teman anda, jika anda kurang senang dengan apa yang sudah kami buat dalam artikel di atas ini tolong bilang kami ya :)

0 Response to "Pengertian Suhu Dan Kalor"

Post a Comment